Kuliah di STAN (Versi Mahasiswa Introvert)

Bakal coba ngasih gambaran tentang gimana sih rasanya kuliah di STAN. Well, sekarang PKN Stan ya jadi bukan STAN dan stan di belakang PKN gakada kepanjangan apa-apa. Dan gimana sih rasanya kuliah di sekolah kedinasan dari sisi mahasiswi introvert kaya gue.

**

Awal mula kenapa pengen kuliah di STAN ya karena abis lulus gausah susah-susah cari kerja lagi dan udah pasti terjamin dapet kerja kan yha (walaupun bakal di tempatin di mana aja bahkan yang di peta gak keliatan). Buat orang yang introvert kaya gue, apalagi kalo lo orang yang males dan gakada semangat buat aktif, well, perlu banget masuk stan. Yang penting nilai aja di jaga biar gak Drop Out (DO).

**

Segi Akademis
Sebenernya kuliah di stan tuh agak beda-beda tipis kayak kuliah di universitas (padahal belum nyicip bangku kuliahan yang sebenernya). Kegiatan belajar di stan lebih agak mirip kayak sekolah anak SMA. Kenapa kayak anak SMA? karena di sini bener-bener setiap kegiatan belajar, mahasiswa bakal di suapin sama dosen. Ya disuapin disini maksudnya materi bener-bener dijelasin pelan-pelan sama dosen dari awal sampe akhir (buat dosen yang gak males). Apalagi pas masih semester 1 dan 2 bener-bener bakal di tuntun pelan-pelan sama dosen secara ini masih masa awal transisi dari anak sekolahan ke anak kuliahan.
Dan biasanya anak stan terbanyak dari lulusan IPA, baru IPS terus SMK. SMK ini bisa dari macem-macem jurusan sih pas sekolah dulu. Buat semester 1 sama semester 2 biasanya anak SMK yang jurusannya dulu Akuntansi dan mahasiswa yang sebelumnya udah pernah kuliah dan jurusannya akuntansi juga pasti bakal mendominasi. Anak IPA yang pas-pasan pas SMA dulu bakal kalah sama mereka-mereka ini.Gimana gak kalah? anak IPA yang dulunya belajar rumus-rumus kimia dan ngitung segala macem hal berbau fisika kayak bola jatuh aja diitung (gakjelas juga apanya yang diitung karena dulu pas SMA gue bodonya minta ampun) tiba-tiba harus belajar gimana nge jurnal, gimana sih bunyi hukum ekonomi dan belajar teman-temannya yang sejenis otomatis bakal kalah start. Paling parah kalo temenmu udah pernah kuliah jurusan akuntansi di universitas ternama pasti bakal kuat banget dasarnya dia. 
Kira-kira butuh 1 semester buat gue adaptasi sama cara belajar di stan. Semacam harus ngerelain 1 semester nilai mu jatuh baru bisa di semester berikutnya nilai lo naik. Di saat materi di semester 1 bisa dibilang materi yang gampang dan temen-temen lainnya bisa ngambil kesempatan itu buat dapet IP yang bagus tapi lo malah down se down down nya. Intinya jangan nyamain cara belajar pas SMA dulu sama cara belajar di stan. Kalo bisa double in lagi lah usaha sama doanya. Dan kalo bisa kurang-kurangin main ga penting apalagi masih masa awal buat cari temen. Bukan berarti gue nyaranin buat ansos tapi agak kurangin lah jangan over. 

**

Non-Akademik
Sebagai mahasiswa baru dulu gue selalu bercita-cita buat ikut segala macam kepanitian dan organisasi (tipikal maba banget ini). Gue berandai-andai untuk hidup jadi mahasiswa berguna yang bermanfaat gitu lah ya. TAPI. WKWK gak ada realisasi sama sekali.
Yang dari SMA emang udah anti sama kegiatan ekskul sekolah dan disaat pengen nyoba di bangku kuliah ya udah telat kali ya.
Udah nyoba-nyoba daftar ini itu yang menarik perhatian tapi teeet di tolak juga tapi gapapa. 
Karena jiwa gue adalah jiwa-jiwa yang gampang menyerah dan semangat rendah serta etos kerja minim banget jadi setelah di tolak dua kali kurasa cukup sampai disini dan lebih memilih fokus ke akademik aja karena belajar bisa dilakuin sama siapa aja ehehe.

Kegiatan organisasi dan kepanitiaan di STAN ya bisa di bilang gak segede kayak di univ-univ lain. Di sini acaranya dikit secara mahasiswanya cuma berapa ribu aja. Dan dari pengalaman aja sih gasukanya yang ikut organisasi atau panitia ya itu-itu aja. Sempet mikir gini juga si, ya gimana yang gak pernah ikut kepanitiaan mau ikut aktif di acara kampus kalo tiap mau daftar aja di tolak dan cuma itu-itu aja yang di terima. hehe ini pemikiran gue aja sii so sorry not sorry.

Tapi makin ke sini setelah stan ganti nama jadi PKN kehidupan berorganisasi agak menemukan titik cerah juga. Makin banyak acara-acara dan makin banyak mahasiswa yang kejaring juga.


**

Ya itulah sedikit pengalaman gimana di stan. Enak banget sih kuliah di STAN menurutku. Tugas gak banyak-banyak banget dan kegiatan belajar masih bisa diikuti dengan santai. So buat mahasiswa baru yang baru aja memulai kehidupan perkuliahan di stan, semangat lah ya. Yang penting jaga akademisnya biar gak DO dijamin bisa wisuda di waktu yang tepat. Fighting xixi











Ps: Oya buat yang pengen materi-materi kuliah bisa komen nanti sebisa mungkin di kasih hehe

Komentar

  1. Bagi materi dong kak ��

    BalasHapus
  2. Materi ekonomi mikro yang tentang kurva permintaan dan penawaran dong kak..tadi aku kuis gabisa jawab itu:')

    BalasHapus
  3. Kak masih nyimpen materi TPA/TBI?
    Sama minta rekomendasi buku stan yg berbobot dong :) kasih tips juga kak cara belajar paling efektif buat masuk ke PKN STAN (sembari membagi waktu kuliah di PTN)

    BalasHapus
  4. "Gue berandai-andai untuk hidup jadi mahasiswa berguna yang bermanfaat gitu lah ya. TAPI. WKWK gak ada realisasi sama sekali."

    wkwkw can relate

    BalasHapus
  5. Kak materi pengantar ilmu ekonomi tentang sistem moneter dan pertumbuhan uang dan inflasi

    BalasHapus
  6. Halo kak, kak maaf nih sebelumnya aku boleh minta bimbingan ga kak? Bimbingan kaya apa aja materi yg harus disiapin buat masuk ke stan, aku lgi nyari tutor online, barangkali boleh😁

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Softlens New Look - Wonder "Brown"

PERBEDAAN PENCATATAN JURNAL INVESTASI SAHAM